Minggu, 04 Mei 2014

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Sebagian pengguna komputer lebih senang melihat semua file dan folder tertata dengan indah dan rapi. Biasanya dengan mengubah icon folder, menyusun file berdasarkan kategori masing-masing, dan menghapus file-file kurang berguna atau file-file lama. Terkadang, saat kita telah menghapus suatu file, dan kita mengiginkan file tersebut kembali. Untuk mengembalikan file tersebut, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka "Recycle Bin" di desktop lalu klik kanan file yang terhapus dan pilih "Restore".


Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Lalu bagaimana jika file tersebut sudah terlanjur dikosongkan dari Recycle Bin, atau mungkin saat menghapus file anda mengalawalinya dengan menekan tombol shift (Shift + Del). Tentu file tersebut sudah tidak ditemukan di Recycle Bin dan pastinya tidak akan bisa di Restore.
Saat kita melakukan hapus file secara permanen di komputer, File allocation table (FAT) akan merubah nama file yang dihapus dengan awalan karakter tanda tanya (?). Hal ini mengartikan bahwa tempat penyimpanan file yang tadi dihapus permanen mengalami penulisan ulang (pembaharuan pastisi).

Untuk bisa mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen tersebut, kita memerlukan bantuan sebuah software.
PC Inspector File Recovery, adalah sebuah software yang digunakan untuk mengembalikan semua file yang telah di hapus permanen dari  Recycle Bin, suport untuk FAT 12/16/32 dan NTFS file sistem. 

PC Inspector File Recovery is a data recovery program with support for FAT 12/16/32 and NTFS file systems. It recovers files with the original time and date stamp, even when a header entry is no longer available. On FAT systems, the programs finds partitions automatically, even if the boot sector or FAT has been erased or damaged. PC Inspector File Recovery offers an easy to use interface that will scan your drive and automatically make files that can be recovered available from a "Deleted" folder in an Explorer Style navigation tree.

Software ini tergolong freware, alias gratis, anda bisa memilikinya dengan cuma-cuma, dengan menguduhnya di LINK INI.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen :
  1. Download hingga selesai software PC Inspector File Recovery. Install aplikasi.
  2. Jalankan aplikasi, pilih menu file, kemudian pilih submenu drive (CTRL + O)
  3. Akan muncul jendela baru seperti ini, silahkan pilih partisi yang ingin di restore file yang terhapus permanen, klik icon ceklis.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen
  4. akan muncul tampilan seperti ini, klik pada folder Deleted maka semua file yang terhapus di partisi yang anda pilih akan dimunculkan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen
  5. Untuk mengembalikan file yang telah terhapus, klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih save to. Pilih direktori penyimpanan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen


Tidak semua file bisa terbaca dan dikembalikan dengan software ini, pengaruh waktu pengapusan yang terlalu lama bisa jadi penyebab utama tidak ditemukannya file yang dihapus oleh software ini.
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Xhempatie

Template By Reza Ramadhan